Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10103
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYani, Hadist Elfitri-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:41:47Z-
dc.date.available2020-11-11T02:41:47Z-
dc.date.issued2018-03-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10103-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui penggunaan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X-MIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi pada kelas XMIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa kelas X-MIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 yang terdiri dari 38 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi dengan pokok bahasan Matriks. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat tingkat ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 8 orang siswa (21%) yang tuntas, serta 30 orang siswa (79%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 20 orang siswa (52%) yang tuntas, sedangkan 18 orang siswa (48%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 34 orang siswa (89%) yang tuntas, sedangkan 4 orang siswa (11%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari tes awal memperoleh rata-rata sebesar 1,6 , pada siklus I memperoleh rata-rata 2,1 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,2. Hasil ketuntasan belajar matematika dan observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi pada siswa MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG meningkat ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru mengelola pembelajaranen_US
dc.subjectPenyelesaian Soal Secara Sistematis,en_US
dc.subjectMetode Diskusi, Hasil Belajar,en_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePenerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Pada Latihan Melalui Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mas Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2017-2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf640.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.