Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10102
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBella, Annisa-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:41:38Z-
dc.date.available2020-11-11T02:41:38Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10102-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Problem Posing lebih baik dari strategi Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2017/2018. Populasi pada penelitian adalah siswa jurusan Ips kelas X yang dibagi kedalam 2 kelas berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 34 siswa dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal yang diambil dari bank soal. Dari hasil analisis data menggunakan model pembelajaran Problem Posing diperoleh mean 81,66 dan standar deviasi 7,143. Sedangkan untuk data tes yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving diperoleh mean 70,41 dan standar deviasi 7,849. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova pada α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 39,15 > 4,02 maka Ho ditolak. Dengan Ho ditolak maka terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar. Dan sig < 0,05 yaitu 0,000 < = 0,05 dengan demikian H0 ditolak. Disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa.en_US
dc.subjectProblem Posingen_US
dc.subjectProblem Solvingen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Posing dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf5.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.