Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10101
Title: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat T.P 2019/2020
Authors: Rahmadani, Suci
Keywords: Bahan ajar;Kemampuan berpikir kritis;Bilangan bulat
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan produk baru berupa modul yang didesain untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Satrya Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VII – 1 dengan jumlah 20 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah bilangan bulat. instrument yang digunakan adalah lembar angket validasi, tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada dari validasi oleh ahli media dan ahli materi Sangat Baik maka dapat disimpulkan bahawa menurut kedua validator bahan ajar layak digunakan. Hasil penelitian ketuntasan belajar individu siswa diperoleh dari hasil tes yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari pretest untuk ketuntasan individu, terdapat 6 dari 20 orang siswa yang Tuntas sedangkan pada hasil posttest mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. Untuk ketuntasan individu, terdapat 18yang tuntas dari 20 orang siswa. Sedangkan hasil dari tingkat kemampuan berpikir kritis siswa 10 orang dari 20 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis Sangat Tinggi sedangkan 10 orangnya lagi memiliki kemampuan berpikir kritis sedang. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon siswa 85% dengan kategori Sangat Menarik. kesimpulan dari penelitian ini adalah modul matematika bilangan bulat dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10101
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.