Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10098
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Annisa Indah-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:38:25Z-
dc.date.available2020-11-11T02:38:25Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10098-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Self Regulation Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapam model pembelajaran Self Regulation Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Self Regulation Learning. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 4 siswa (11%) yang tuntas serta 31 siswa (88,57%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa (28,57%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 16 siswa (45,71%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) yang tuntas. Hasil observasi pengolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 2,28 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,6 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Self Regulation Learning pada siswa SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu strategi pembelajaran Self Regulation Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri di kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectSelf Regulation Learningen_US
dc.titlePenerapan Strategi Self Regulation Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PABA Binjai T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.