Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10095
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaprina, Annisa-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:36:16Z-
dc.date.available2020-11-11T02:36:16Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10095-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah? (2) Apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?(2) Untuk mengetahui apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII-D berjumlah 24 siswa dan yang menjadi Objek penelitian ini adalah menyelesaikan soal cerita matematika materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes dan Wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi lembar soal dan wawancara untuk mengetahui kesalahan siswa. Berdasarkan analisis data kesalahan pada soal nomor 1 sebanyak 41,66%, kesalahan pada soal nomor 2 sebanyak 58,33%, kesalahan pada soal nomor 3 sebanyak 75,00% dan kesalahan pada soal nomor 4 sebanyak 79,16%. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran adalah Kebiasaan siswa salah menuliskan apa yang diketahui,t idak memahami maksud soal, kurang paham terhadap permintaan soal dan tidak tahu apa yang harus dia kerjakan setelah memperoleh informasi dari soal, tidak teliti, keterbatasan waktu, lupa, tidak terbiasa mengecek kembali jawaban, terburu- buru, cenderung hanya melihat hasil jawaban teman, merasa kebingungan akibat dari kesalahan dalam langkah sebelumnya, dan kurang adanya sifat positif terhadap soal cerita (malas, kurang suka)en_US
dc.subjectAnalisis kesalahanen_US
dc.subjectLangkah pemecahan masalahen_US
dc.subjectSoal ceritaen_US
dc.subjectLingkaranen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf2.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.