Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10088
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Fitriah Khairunnisa-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:29:42Z-
dc.date.available2020-11-11T02:29:42Z-
dc.date.issued2018-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10088-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning hasil pengembangan di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning di SMP Muhammadiyah 8 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018. Pengambilan objek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian pada materi segiempat untuk SMP kelas VII dengan model pembelajaran problem based learning. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi pada tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 8 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan THB untuk mengukur kevalidan, dan angket respon siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,37 dengan kriteria baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 3,96 dengan kriteria baik, skor rata-rata LKPD yaitu 3,72 dengan kriteria kurang baik, Media Pembelajaran yaitu 4,32 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB 4,01 dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata 4,12 dengan kriteri baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.en_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning di SMP Muhammadiah 8 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf413.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.