Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10059
Title: Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepribadian Muslim Pada Siswa Kelas VII SMP Tamansiswa Medan T.A 2018/2019
Authors: Bulandari, Sri
Keywords: Layanan Konseling Kelompok;Kepribadian Muslim
Issue Date: 2019
Abstract: Layanan konseling kelompok adalah upaya bantuan yang bersifat preventif dan development terhadap kemampuan pribadi dalam pemecahan masalah secara kelompok atau bersama-sama yang di arahkan oleh konselor kepada klien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepribadian muslim pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Tamansiswa Medan T.A 2018/2019. Yang ini beralamat di jalan bakaran batu No. 18 Sei Rengas Permata, Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20111. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan layanan kualitatif deskriptif dengan subjek dan objek peneliti adalah siswa kelas VII untuk dapat meningkatkan kepribadian muslimnya. Proses pengambilan data dilakukan selama lima minggu yakni pada bulan Juli-Agustus 2019, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan documentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: penerapan layanana konseling kelompok untuk meningkatkan kepribadian muslim pada siswa yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan berhasil meningkatkan kepribadian muslim terlihat dari hasil observasi, dan wawancara siswa yang berkomitmen untuk menjadi yang lebih baik lagi sehingga tercapailah tujuan layanan. Dan hal ini terbukti dengan perubahan sikap siswa yang tadinya malas sholat, membenci guru, merokok, pakaian tidak rapi, tidak mau menyalam guru apabila bertemu menjadi sebaliknya siswa lebih terlihat sopan dan baik sikap prilakunya. Perubahan tersebut setelah mendapat layanan konseling kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan penting
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10059
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.