Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10049
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuningsih, Endang-
dc.date.accessioned2020-11-11T01:53:25Z-
dc.date.available2020-11-11T01:53:25Z-
dc.date.issued2018-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10049-
dc.description.abstractTujuan Penelitian adalah ini adalah: “untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras melalui pembelajaran metode kumon di keals VIII-B SMP N 1 Batang Kuis”. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, membuat rencana pembelajaran, lembar observasi dan mendesain alat evaluasi. Tahap pelaksanaan tindakan, melaksanakan rencana pembelajaran kumon. Tahap observasi menggunakan lembar observasi untuk mencatat temuan. Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interprestasi dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes uraian yaitu hasil belajar untuk masing-msing siklus. Dari hasil belajar meningkat dari siklus I sampai siklus III, dengan rata-rata hasil belajar tes hasil belajar I sebesar 70,76pada siklus I, rata-rata tes hasil belajar 2 sebesar 72,78 pada siklus II, rata-rata tes hasil belajar 3 sebesar 76,92 pada siklus III, demikian juga ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 56,41 % siklus II sebesar 74,35% dan siklus III sebesar 82.05%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras dapat meningkat melalui penerapan metode kumon dikelas VIII-B SMP N 1 Batang Kuis diterima kebenarannya.en_US
dc.subjectMetode kumonen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Kumon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas VIII-B SMP N 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ENDANG SUNINGSIH.pdf4.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.