Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10031
Title: Penerapan Model PACE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Nurul Hasanah T.P 2017/2018
Authors: Afriyanti, Devi
Keywords: Model PACE;Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan diterapkannya model PACE dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah Tembung pada materi aritmatika sosial T.P 2017/20118”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika pada siswa dengan penerapan model PACE pada materi aritmatika sosial siswa Kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. (2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model PACE dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa Kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. Berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data peningkatan siswa yang diperoleh di lapangan di tulis dalam bentuk table dan diagram. Hasil belajar siswa pada tes awal diperoleh 6 siswa (18,18%) yang mencapai ketuntasan, pada siklus I diperoleh 18 siswa (54,54%) yang mecapai ketuntasan, dan pada siklus II diperoleh 29 siswa (87,88%) yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PACE dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial siswa SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10031
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full.pdf1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.