Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10019
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHutagalung, Dewi Hayani-
dc.date.accessioned2020-11-11T01:24:24Z-
dc.date.available2020-11-11T01:24:24Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10019-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan Strategi Scaffolding lebih efektif dari pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis T.P 2017/2018? Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah penggunaan strategi scaffolding lebih efektif dari pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis T.P 2017/2018? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu. Desain penelitian adalah Control Group Design Pretest-Posttest Design dengan menggunakan bentuk scaffolding pada kelas eksperimen dan menggunakan metode konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tuunas Karya Batang Kuis semester genap T.P 2017/2018? yang berjumlah 125 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 27 siswa di kelas VII-1 sedangkan untuk kelas di kontrol 30 siswa di kelas VII-2 dan untuk kelas uji coba 29 siswa di kelas VII-3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji N-Gain. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan ujin N-Gain rata-rata di kelas eksperimen yaitu 0,39, dan rata-rata N-Gain di kelas kontrol yaitu 0,495, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas kontrol.en_US
dc.subjectBentuk Scaffoldingen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Bentuk Scaffolding Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.