Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1000
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArpa, Yulia-
dc.date.accessioned2020-03-01T07:16:37Z-
dc.date.available2020-03-01T07:16:37Z-
dc.date.issued2019-08-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1000-
dc.description.abstractEmpati adalah kemampuan individu untuk memahami perasaan, fikiran orang lain secara mendalam serta adanya keinginan untuk membantu tanpa individu tersebut kehilangan kontor dirinya. Dalam bersosialisasi empati sangat diperlukan agar tercipta hubungan yang solid dan terciptanya kedamaian. Empati juga berperan penting karena dengan empati individu dapat menyesuaikan diri dan memahami orang lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan empati siswa pada siklus I yaitu terdapat sebanyak 3 siswa yang berkategori Sangat baik, dan 5 siswa berkategori Baik, sedangkan pada siklus II terdapat 6 siswa masuk kategori sangat baik dan 2 siswa kategori baik. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.subjectLayanan Bimbingan Kelompoken_US
dc.subjectSosiodramaen_US
dc.subjectEmpatien_US
dc.titlePenerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas Xi Sma Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YULIA ARPA.pdfFulltext1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.