Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10008
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebrisha, Diah Ayu-
dc.date.accessioned2020-11-11T01:13:43Z-
dc.date.available2020-11-11T01:13:43Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10008-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan kecerdasan interpersonal dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP setelah diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat Dick & Carey. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran matematika dan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Batang kuis. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menganalisis pembelajaran, mengalisis siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusunan tes beracuan kriteria, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih media pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran, dan melaksanakan validasi. (2) Kualitas perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu RPP, LKPD, BAS, media pembelajaran dan TBH yang memiliki kategori sangat baik. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dengan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan kecerdasan interpersonal, peneliti melakukan pretest dan posttest pada siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Batang kuis. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji T menghasilkan thitung 7,889 dan ttabel 1,729 yang artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hasilnya membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap bahan ajar dan media yang dikembangkan. Hal ini menujukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berdasarkan kecerdasan interpersonal yang telah dibuat mampu meningkatkan hasil belajar siswaen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kecerdasan Interpersonal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematikaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf691.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.