dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan awal matematika
siswa kelas X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ketuntasan kemampuan awal matematika yang diajarkan dengan strategi
pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan
T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negri 1 Percut Sei Tuan, populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah
33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru
serta tes siklus I dan siklus II yang keduanya berjumlah 10 soal. Teknik analisis data melalui
menghitung rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil
observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar kemampuan awal siswa
menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah nilai hasil belajar
kemampuan awal pada test siklus I yaitu 77,57 dengan nilai teringgi 95 dan terendah 60 hasil
ketuntasan 66,67%. Sedangkan pada test siklus II yaitu 92,90 dengan nilai tertinggi 100 dan
terendah 70 dan hasil ketuntasan 90,91%. Dan dengan kata lain dari siklus I dan siklus II
meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajar Reciprocal
Teaching terbukti dapat meningkatkan kemampuan awal matematika siswa di kelas X TITL1
SMK
Negri
1
Percut
Sei
Tuan
T.P
2017/2018 |
en_US |