dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan buku teks Bahasa
Indonesia yang digunakan sebagai buku acuan dalam proses belajar mengajar
terhadap kesalahan kalimat di buku teks Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini
adalah buku teks Bahasa Indonesia sekolah menengah atas X penerbit
KEMDIKBUD dengan penulis Suherli. Buku teks adalah sesuatu yang
memungkinkan siswa belajar. Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang berguna untuk pengembangan diri siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana data yang di
analisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis, melainkan hanya berupa
deskripi yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan bahasa yang ditemukan di
dalam buku terdiri dari kesalahan dalam ciri-ciri kalimat efektif, yaitu kesatuan
gagasan, kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, kebervariasian,
ketegasan, ketepatan diksi, kebenaran sutuktur dan keringkasan. Upaya untuk
mengatasi kesalahan bahasa adalah peningkatan penguasaan kompetensi kaidah
Bahasa Indonesia yang kompleks dan peningkatan kesadaran upaya pembinaan
dan pengembangan Bahasa Indonesia. |
en_US |