dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi adalah
seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 103 siswa.
Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-Unggul sebagai kelompok eksperimen
dan kelas X-IS sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 13 dan 40
siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen.
Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar
deviasi sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh oleh
siswa. Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah tes esai. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengelolahan data dari penelitian
yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menulis puisi dengan
menggunakan model pembelajaran demontrasi berada pada tingkat baik sekali dan
diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 80-100 berjumlah 10 siswa. Nilai
rata-rata sebesar 85,23 dikategorikan baik sekali, dengan nilai tertinggi 93 dan
nilai terendah 75. Sedangkan kemampuan menulis puisi yang diajarkan dengan
pembelajaran ceramah berada pada tingkat baik dan diketahui siswa paling
banyak mendapat nilai 40 – 55 berjumlah 28 siswa. Nilai rata-rata sebesar 55,025
dikategorikan kurang, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Berdasarkan
uji-t hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 83,9>1,675. Ada Pengaruh Model
Pembelajaran Demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas
X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. |
en_US |