dc.contributor.author |
Caniago, Erika |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-10T07:46:25Z |
|
dc.date.available |
2020-11-10T07:46:25Z |
|
dc.date.issued |
2019-10-10 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9888 |
|
dc.description.abstract |
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08
Medan T.A 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar
siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitan
ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan. Sampel penelitian ini
sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data
mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji
hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t
diperoleh harga thitug (9,8162) setelah dibandingkan dengan ttabel
(2,0017).Ternyata thitung(9,8162) > ttabel (2,0017) sehingga Ha diterima dan H0
ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran
ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08
Medan T.P 2019/2020. |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar Matematika |
en_US |
dc.subject |
Assurance Relevance Interest Assessment |
en_US |
dc.subject |
Sattisfaction (ARIAS) |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020” |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |