Research Repository

Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Perilaku Belanja Gen Z

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Cici Efrisdayani
dc.date.accessioned 2020-03-01T07:07:00Z
dc.date.available 2020-03-01T07:07:00Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/987
dc.description.abstract Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena ekonomi shifting atau pergeseran ekonomi yang terjadi saat ini, yaitu dari konvensional ke online. Menjamurnya situs toko online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Traveloka, Airy, merupakan salah satu indikasi dari tingginya penggunaan internet dan kebutuhan masyarakat akan belanja online. Runtuhnya beberapa bisnis konvesional akibat dari menurunnya daya beli masyarakat terhadap perusahaan ritel offline, terjadi karena adanya pergeseran pola pembelian (shifting), dimana pembuat shifting adalah teknologi, sehingga pola bisnis yang sudah ada mengalami perubahan. Perkembangan zaman dan teknologi membuat perbedaan dari setiap generasi. Lahir disaat penggunaan teknologi seperti internet, smartphone, dan jejaring media sosial sedang marak, menjadikan Gen Z sebagai penduduk asli digital (digital native). Gen Z mempunyai cara pikir yang terbuka (open-minded) dan cenderung menyukai sesuatu yang serba instant, termasuk dalam hal berbelanja. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk malakukan analisis faktor konfirmatori tentang faktor-faktor penentu perilaku belanja, serta melakukan analisis uji beda untuk melihat perbedaan perilaku belanja Gen Z dengan Gen Y. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh melalui kuesioner. Sampel yang dipilih yaitu Gen Z (berusia 10-19 tahun) dan Gen Y (berusia 20-35 tahun) yang berbelanja online dengan e-commerce di Kota Medan. Metode estimasi menggunakan analisis konfirmatori faktor dan independent t-test. Hasil analisis faktor konfirmatori menunjukkan bahwa variabel kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis terkonfirmasi sebagai variabel yang membentuk perilaku belanja. Kemudian hasil uji beda menunjukkan bahwa perilaku belanja Gen Z berbeda dengan perilaku belanja Gen Y. en_US
dc.subject Ekonomi Shifting en_US
dc.subject Belanja Online en_US
dc.subject Gen Z en_US
dc.subject Gen Y en_US
dc.subject Varibel Kebudayaan en_US
dc.subject Sosial en_US
dc.subject Pribadi en_US
dc.subject Psikologis en_US
dc.title Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Perilaku Belanja Gen Z en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account