dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? (2)
Berapa persen pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics
Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics
Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? (2) Untuk mengetahui berapa persen
pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49
T.P 2019/2020? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest
Design dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project
pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas
kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
49semester genap T.P 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang
menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-A sedangkan
untuk di kelas kontrol 30 siswa di kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis
data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji
hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji
hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 3,483 setelah dibandingkan dengan ttabel =
1,832, ternyata thitung (3,483) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathemtics Project
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP
Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 51,86 %. |
en_US |