dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat
meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta
Imelda Medan yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16
orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas
melalui empat siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observsi, dan
refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) ada peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai
rata-rata kemampuan siswa juga mengalami peningkatan dari 27,74% dikategorikan
rendah pada siklus I menjadi 50,02 dikategorikan sedang pada siklus II menjadi 72,29
dikategorikan tinggi pada siklus III dan menjadi 82,86 dikategorikan tinggi pada
siklus IV. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal adalah 9,68%, dan nilai rata-rata kelas 52,98%. Setelah pemberian tindakan I
(siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 25,81%, dan
nilai rata-rata kelas 60,24%. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 54,84%, dan nilai rata-rata kelas
65,40%. Setelah pemberian tindakan III (siklus III) diperoleh ketuntasan hasil belajar
siswa secara klasikal yaitu 70,97%, dan nilai rata-rata kelas 71,45%. Setelah
pemberian tindakan IV (siklus IV)diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal yaitu 100%, dan nilai rata-rata kelas 83,,47%. Dari hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams
Games Tournaments) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa
kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2018/2019. |
en_US |