dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusal masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas
VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning?, Apakah penerapan model Problem Based Learning dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas
VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir
kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P
2019/2020 dengan penerapan model Problem Based Learning. Untuk mengetahui
apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs
Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes untuk melihat ketercapaian
peningkatan dalam pemahaman matematika siswa dan Observasi untuk melihat
berpikir kritis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian
sebanyak 2 tes yaitu tes siklus I, dan tes siklus II yang masing – masing terdiri dari 5
soal. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati kemampuan berpikir kritis
siswa sesuai dengan indikator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 di MTs
Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 yang berjumlah 31 orang, sedangkan objek
penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based
Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar matematika siswa.
Hasil penelitian ini dari 31 siswa pada tes siklus I 17 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 54,83% pada tes siklus I ini yang menjadi tujuan
penelitian ini belum tercapai dan observasi nilai rata – rata persentase berpikir kritis
siswa 59,88% dengan kategori cukup, maka harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil tes
siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 22 siswa yang mencapai ketuntasan hasil
belajar yaitu 70,96% dengan kategori baik. Dan observasi nilai rata – rata persentase
74,18% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
Problem Based Learning pada pokok bahasan himpunan terjadi peningkatan berpikir
kritis siswa kelas VII-3 di MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. |
en_US |