Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Dedek
dc.date.accessioned 2020-11-10T01:51:41Z
dc.date.available 2020-11-10T01:51:41Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9436
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusal masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning?, Apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 dengan penerapan model Problem Based Learning. Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes untuk melihat ketercapaian peningkatan dalam pemahaman matematika siswa dan Observasi untuk melihat berpikir kritis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 2 tes yaitu tes siklus I, dan tes siklus II yang masing – masing terdiri dari 5 soal. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan indikator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 di MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 yang berjumlah 31 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 31 siswa pada tes siklus I 17 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 54,83% pada tes siklus I ini yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan observasi nilai rata – rata persentase berpikir kritis siswa 59,88% dengan kategori cukup, maka harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 22 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 70,96% dengan kategori baik. Dan observasi nilai rata – rata persentase 74,18% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pokok bahasan himpunan terjadi peningkatan berpikir kritis siswa kelas VII-3 di MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account