dc.description.abstract |
Skripsi ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika
berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa
SMP Hang Tuah I Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem
persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian Research and Development atau penelitian
pengembangan dengan mengacu pada model 4-D yang disarankan oleh
Thiagrajan (1974) yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji
coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Hang Tuah I Medan.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli,
lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan
pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket respons peserta
didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh
bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, Bahan Ajar, dan
LKPD adalah 3,6 berada pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk
setiap jenis perangkat pembelajaran berada pada interval 3,5 ≤ ≤ 4, (2) Praktis
berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan
nilai rata-rata 1,88 berada pada kategori terlaksana seluruhnya 1,5 ≤ ≤ 2, (3)
Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,41 berada
pada kategori baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni
82,76%, respon peserta didik diperoleh 85,45%, respon positif terhadap Bahan
Ajar dan LKPD adalah 87,27%, dan tes hasil belajar diperoleh 82,76% peserta
didik yang nilainya tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang
dilaksanakan, perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok
bahasan sistem persamaan linear dua variabel telah memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif. |
en_US |