Research Repository

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Hang Tuah I Medan tahun pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Yana Pratiwi
dc.date.accessioned 2020-11-09T04:45:12Z
dc.date.available 2020-11-09T04:45:12Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9216
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Hang Tuah I Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4-D yang disarankan oleh Thiagrajan (1974) yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Hang Tuah I Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket respons peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, Bahan Ajar, dan LKPD adalah 3,6 berada pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat pembelajaran berada pada interval 3,5 ≤ ≤ 4, (2) Praktis berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 1,88 berada pada kategori terlaksana seluruhnya 1,5 ≤ ≤ 2, (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,41 berada pada kategori baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni 82,76%, respon peserta didik diperoleh 85,45%, respon positif terhadap Bahan Ajar dan LKPD adalah 87,27%, dan tes hasil belajar diperoleh 82,76% peserta didik yang nilainya tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran Matematika en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.subject Sistem Persamaan Linear Dua Variabel en_US
dc.title Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Hang Tuah I Medan tahun pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account