dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan
instrumen tes berbasis HOTS dan mengetahui kelayakan instrumen tes
matematika berbasis HOTS pada materi pokok Aritmetika Sosial pada peserta
didik SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang
diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design
(Desain), Development (Pengembangan), Implement (Pelaksanaan) and
Evaluation (Evaluasi).
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMP MUhammadiyah 49
Medan Kelas VII sebanyak 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
instrumen test HOTS berupa soal tes HOTS yang terdiri dari 10 butir soal uraian
telah memenuhi kriteria kelayakan sebagai instrumen penilaian HOTS, yaitu
validitas isi memiliki kategori valid, reliabilitas 0,654 dengan kategori reliabel,
tingkat kesulitan dengan persentase 30% sulit: 40% sedang: 30% mudah, daya
pembeda diklasifikasikan dalam kriteria baik sebanyak 80%, kriteria diterima dan
diperbaiki sebanyak 20%, dan kriteria soal ditolak sebanyak 20%. |
en_US |