Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasisiswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Yana, Desi
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:07:45Z
dc.date.available 2020-03-01T06:07:45Z
dc.date.issued 2019-09-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/884
dc.description.abstract Permasalahan yang ditemukan penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kurang maksimal dan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran Co-Op Co-Op yang digunakan dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk penelitiannya menggunakan Pre-Experimental designs (nondesign) dengan rancangan eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan sebanyak 128 siswa dari empat kelas yaitu kelas XI-I IPS, kelas XI-2 IPS, kelas XI-I MIA dan kelas XI-2 MIA di SMA Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020, kelas yang digunakan dalam sampel ini kelas XI-I PS sebanyak 35 siswa karena kelas XI-I IPS memiliki kemampuan menulisnya kurang maksimal dibandingkan dengan kelas XI-2 IPS. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes essai. Dalam penelitian ini mengumpulkan data tersebut menggunakan tabel pretest dan posttest, menghitung rata-rata dan standar deviasi, menghitung standar deviasi gabungan dan menghitung thitung..hasil yang diperoleh dari tabel posttest 2.3842:35 dan diperoleh hasilnya 81,2 sedangkan tabel pretest 2.354:35 hasil yang diperoleh adalah 67,26. Dengan pemerolehan nilai terendah Pre-Test 59 dan nilai tertinggi 75, sedangkan nilai yang diperoleh untuk Post-Test nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90. Untuk melihat hasil penelitiannya maka dilihat dari thitung yaitu, dengan n 35 dan ɑ = 0,05, maka diperoleh nilai t = 1,692. Karena thitung >ttabel atau 33,54 > 1,692 maka Ho ditolak. Ini berarti Hipotesis Alternatif (Ha) yang mengatakan bahwa “adanya pengaruh Menggunakan model pembelajaran Co-Op Co-Op terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi si en_US
dc.subject teks eksplanasi en_US
dc.subject model pembelajaran Co-Op en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasisiswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account