dc.description.abstract |
Permasalahan yang ditemukan penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kurang maksimal dan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran Co-Op Co-Op yang digunakan dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk penelitiannya menggunakan Pre-Experimental designs (nondesign) dengan rancangan eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan sebanyak 128 siswa dari empat kelas yaitu kelas XI-I IPS, kelas XI-2 IPS, kelas XI-I MIA dan kelas XI-2 MIA di SMA Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020, kelas yang digunakan dalam sampel ini kelas XI-I PS sebanyak 35 siswa karena kelas XI-I IPS memiliki kemampuan menulisnya kurang maksimal dibandingkan dengan kelas XI-2 IPS. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes essai. Dalam penelitian ini mengumpulkan data tersebut menggunakan tabel pretest dan posttest, menghitung rata-rata dan standar deviasi, menghitung standar deviasi gabungan dan menghitung thitung..hasil yang diperoleh dari tabel posttest 2.3842:35 dan diperoleh hasilnya 81,2 sedangkan tabel pretest 2.354:35 hasil yang diperoleh adalah 67,26. Dengan pemerolehan nilai terendah Pre-Test 59 dan nilai tertinggi 75, sedangkan nilai yang diperoleh untuk Post-Test nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90. Untuk melihat hasil penelitiannya maka dilihat dari thitung yaitu, dengan n 35 dan ɑ = 0,05, maka diperoleh nilai t = 1,692. Karena thitung >ttabel atau 33,54 > 1,692 maka Ho ditolak. Ini berarti Hipotesis Alternatif (Ha) yang mengatakan bahwa “adanya pengaruh Menggunakan model pembelajaran Co-Op Co-Op terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi si |
en_US |