dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Photo Story terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP PAB 9 Klambir Lima tahun pembelajaran 2019-2020. Lokasi penelitian di sekolah SMP PAB 9 KLambir V. Metode yang digunakan dalam peneliti yaitu metode eksperimen. Dan instrument yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks deskripsi setelah perlakuan menggunakan media photo story memperoleh nilai rata-rata 88, termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media photo story memperoleh nilai rata-rata 36,66 termasuk dalam kategori cukup. Dengan menggunakan media photo Story pembelajaran lebih menarik karena media ini merupakan serangkaian foto atau gambar sehingga dengan menggunakan media ini membuat guru lebih mengarahkan perhatian siswa karena siswa tidak hanya mendengar guru saja tetapi siswa juga juga mengamati media . Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung>ttabel yaitu 60,28 > 1,672. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan media Photo Story terhadap kemampuan menulis teks deksripsi pada siswa kelas VII SMP PAB 9 klambir V tahun pembelajaran 2019-2020. |
en_US |