dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Make A Match berbasis flashcard terhadap kemampuan menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi pada penelitian ini berjumlah 203 siswa. Sampel berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling atau teknik acak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan post test only kontrol, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menulis teks iklan, dengan teknik random sampling atau teknik acak penelitian data yang diperoleh siswa, alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks iklan.
Hasil Penelitian kelas eksperimen dengan menggunakan model Make A Match berbasis flashcard diperoleh nilai rata-rata 80 dan dikategorikan baik diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 70-80 sebanyak 17 siswa atau 57%, sedangkan kemampuan menulis teks iklan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 60 dan dikategorikan cukup diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 50-60 sebanyak 11 siswa atau 37%. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji hipotesis ttabel = 1,672 diketahui bahwa thitung = 27,42 yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Make A Match berbasis flashcard terhadap kemampuan menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020. |
en_US |