dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respons siswa pada media pembelajaran berbentuk modul berbasis masalah (Problem Based Learning) materi himpunan pada kelas VII SMPN 1 Bangun Purba. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang dosen ahli, guru matematika dan siswa kelas VII SMPN 1 Bangun Purba. Model pengembangan modul ini adalah model 4D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Modul pembelajaran matematika ini telah dibuat dengan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjuk dengan menggunakan lembar validasi ahli. Hasil validasi ahli pada aspek komponen bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 95,1% dengan kriteria sangat baik, kemudian pada aspek substansi materi diperoleh nilai rata-rata 78% dengan kriteria baik dan pada aspek tampilan fisik diperoleh nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, penilaian dari para ahli diperoleh rata-rata nilai keseluruhan 86,8% dan dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 88,4% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan. |
en_US |