dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan konsep matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran Recipcoral Teaching siswa kelas XII Akutansi Perkantoran (AP1) di SMK Taman Siswa dan untuk mengetahui apakah model Recipcoral Teachingdapat meningkatkan kemampuan konsep matematika siswa SMK Taman Siswa Medan T.P 2019/2020 pada materi Statistika. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bidang studi. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah materi dan bentuk tes. Tehnik analisis data dengan menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal maupun individual. Sebelum di terapkan model pembelajaran Recipcoral Teaching nilai rata-rata siswa adalah 59,37 dengan 4 orang siswa yang sudah tuntas dan 12 orang lainnya belum tuntas. Adapun hasilnya ketika diterapkan model pembelajaran Recipcoral Teachingpada siklus I terdapat 9 orang siswa yang sudah tuntas dan 7 orang siswa yang belum tuntas dengan rata-rata pada siklus satu adalah 70,31, akan tetapi nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) atau belum memuaskan. Sedangkan pada siklus II setelah di terapkan model pembelajaran Recipcoral Teaching ternyata ada 14 orang siswa yang sudah tuntas dan ada 2 orang siswa yang belum tuntas nilainya, sehingga di peroleh rata-rata pada siklus II adalah sebesar 79,68 dan sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan sudah memuaskan. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Recipcoral Teaching dapat meningkatkan kemampuan konsep matematika siswa. |
en_US |