dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh
kompetensi terhadap profesionalisme auditor pemula, untuk mengetahui pengaruh
pendidikan terhadap profesionalisme auditor pemula dan untuk mengetahui
pengaruh kompetensi dan pendidikan terhadap profesionalisme auditor pemula di
Kantor Akuntan Publik Kota Medan. Dengan pendekatan penelitian menggunakan
asosiatif, dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden, dimana pengambilan
sampel jenuh yaitu sejumlah auditor yang bekerja pada 5 Kantor Akuntan Publik
yang ada di Kota Medan yang berjumlah 35 auditor.
Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Lalu melakukan uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dengan
menggunakan Corrected Item Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach
Alpha. Dengan teknik analisis data dengan analisis regresi linear berganda, uji
hipotesis dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta
melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial dan
signifikan variabel kompetensi terhadap variabel profesionalisme auditor yang
ditunjukkan dari hasil regresi berganda dengan nilai 0,560 dan hasil uji t
menunjukkan thitung (4,576) > ttabel (1,68) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05,
terdapat pengaruh parsial dan signifikan variabel pendidikan terhadap variabel
profesionalisme auditor yang ditunjukkan dari hasil regresi berganda dengan nilai
0,433 dan hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (3,390) > ttabel (1,68) dengan nilai
signifikan 0,002 < 0,05, dan terdapat pengaruh secara signifikan berarti
kompetensi dan pendidikan terhadap profesionalisme auditor yang ditunjukkan
dari hasil Fhitung adalah 56,963 dengan probabilitas sig 0,000< α 0,05, dengan R
Square yaitu sebesar 0,781 atau 78,1% yang artinya variabel dari terdapat
pengaruh profesionalisme auditor terhadap kompetensi dan pendidikan sedangkan
sisanya 21% variabel-variabel lain yang yang tidak diteliti dalam penelitian ini,
misalnya kompensasi, pelatihan pengetahuan dan variabel lainnya |
en_US |