dc.description.abstract |
Menurut direktorat jendral perkebunan (2012), pohon kelapa merupakan salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di indonesia. Kelapa merupakan komuditas penting yang memiliki kontribusi dan peran sangat strategis di hampir semua bidang kehidupan. Dalam setahun produksi kelapa di indonesia mencapai 3,8 juta ton atau setara dengan sekitar 15miliar butir kelapa. Dari satu buah kelapa, sekitar 12% merupakan tempurung kelapa dan dalam setahun menghasilkan 456.000 ton tempurung kelapa. Dari data tempurung kelapa menghasilkan sebuah ide, salah satunya ialah dengan menggunakan tempurung kelapa sebagai bahan pengisi komposit dalam pembuatan kampas rem sepeda motor matic honda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keausan yang paling kecil.Bahan yang digunakan untuk membuat kampas rem berbahan komposit ini adalah serbuk tempurung kelapa, serbuk alumunium, serbuk barium sulfat, serbuk kalsium karbonat, serbuk grafit/arang, aerosol fiberglass, resin dan katalis sebagai pengikatnya. Proses pembuatan dilakukan dengan mencampurkan semua bahan sesuai komposisi yang telah ditentukan, setelah itu melalui proses kompaksi atau penekanan selama 30 menit dengan gaya sebesar 2000kgf kemudian memasuki proses sinteringatau pemanasan selama 30 menit. Pengujian untuk mengetahui tingkat keausan dilakukan dengan menggunakan alat Brake Dynamometer, dengan gaya beban pengereman 500gr, 1000gr, dan 1500gr dari hasil pengujian dapat dihasilkan kampas rem no.1 dengan massa 3 gram serbuk tempurung kelapa memiliki tingkat keausan paling kecil dengan beban pengereman minimum, menghasilkan nilai keausan 1,579x10-7dan, nilai keausan 2,793x10-7pada beban penegereman maximum. Sedangkan kampas rem yang tingkat keausannya paling besar adalah kampas rem no.3 dengan massa beban 5 gram serbuk tempurung kelapa dengan pembebanan minimum menghasilkan nilai keausan 1,214x10-7dan nilai keausan 3,158x10-7 pada beban pengereman maximum. Dan jika sudah memenuhi karakteristik akan dibuat kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik. |
en_US |