dc.description.abstract |
Biaya kualitas adalah segala pengeluaran yang mendukung perbaikan
kualitas suatu produk akan dimasukkan sebagai biaya kualitas. Dan sebagai biayabiaya sehubungan dengan aktivitas untuk mengontrol kualitas dan dalam
mengoreksi risiko kegagalan yang timbul. Biaya kualitas dikelompokkan kedalam
4 (empat) kategori, yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan
internal, dan biaya kegagalan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh biaya kualitas terhadap jumlah penjualan pada PT. Fajar Agung Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara pengumpulan laporan keuangan perusahaan. Teknik
analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya kualitas secara simultan (uji F)
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penjualan. Namun tidak
demikian bila diuji secara parsial (uji T), hasil pengujian menunjukkan bahwa
biaya kualitas secara parsial (uji T) tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap jumlah penjualan. Dengan adjusted R square diketahui bahwa biaya
kualitas memiliki pengaruh sebesar 78,9% terhadap jumlah penjualan. |
en_US |