dc.description.abstract |
Velg pada kendaraan sepeda motor merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan dimana velg merupakan komponen kendaraan yang langsung bersinggungan dengan jalan raya. Pada masa ini banyak pengguna sepeda motor memakai velg jenis casting wheel karena memiliki nilai estetika tanpa mengesampingkan keselamatan bagi pengendara. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan analisis kekuatan velg cast wheel sepeda motor dengan jumlah spoke (palang) sebanyak 5 spoke dengan variasi kecepatan impact yang diberikan pada velg cast wheel sebesar 15 km/h, 20 km/h, 25 km/h, 30 km/h dan 35 km/h. Material velg yang digunakan adalah Aluminium Alloy 6063-T6 dan material proyektil yang digunakan adalah Aluminium Alloy 6063-O. Velg yang akan dirancang memiliki ukuran diameter 433,3 mm dan lebar 68 mm dan proyektil memiliki ukuran Panjang 77,45 mm dan lebar 68 mm. Untuk memudahkan proses desain model dan simulasi yang akan dilakukan pada velg cast wheel, dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang berbasis metode elemen hingga berupa Solidworks. Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut kita dapat merancang serta menyimulasikan rancangan sehingga dapat diketahui tegangan dan regangan yang terjadi pada simulasi beban impact pada dasar bidang spoke dan simulasi beban impact pada dasar bidang antar spoke velg cast wheel yang telah dirancang. Dimana nilai tegangan dan regangan akan mengalami kenaikan seiring dengan perubahan variasi kecepatan dan distribusi tegangan tertinggi terjadi pada simulasi beban impact pada dasar bidang antar spoke. |
en_US |