Research Repository

Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Terhadap Pelayanan Diabetes Melitus Di Puskesmas Medan Teladan

Show simple item record

dc.contributor.author Suhadayanti, Rizki
dc.date.accessioned 2020-03-01T04:26:41Z
dc.date.available 2020-03-01T04:26:41Z
dc.date.issued 2017-02-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/701
dc.description.abstract Latar belakang: Pelayanan kesehatan pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Puskesmas dalam alur pelayanan kesehatan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer sebelum pasien mendapatkan rujukan ke pelayanan tingkat lanjutan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan kuesioner terhadap 100 responden. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriftif dan metode Customer satisfaction index (CSI). Hasil Penelitian : Berdasarkan metode Customer satisfaction index (CSI) didapatkan bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS dalam tiap dimensi kehandalan 57%, daya tanggap 57%, jaminan 56%, penampilan 59,25%, dan empati 61,50%. Kesimpulan : Kepuasan pasien pada pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan (58,75%), skor ini dengan metode CSI termasuk dalam kategori puas. Namun, berdasarkan standart BPJS termasuk kategori tidak puas. en_US
dc.subject Kepuasan Pasien en_US
dc.subject BPJS Kesehatan en_US
dc.subject Puskesmas en_US
dc.subject Mutu Pelayanan en_US
dc.title Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Terhadap Pelayanan Diabetes Melitus Di Puskesmas Medan Teladan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account