dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model
pembelajaran LAPS-Heuristic berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ditinjau
dari kreativitas siswa SMP Muhammadiya 02 Medan T.P 2019/2020. (2) Seberapa besar
pengaruh model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap hasil belajar matematika
ditinjau dari kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. Sebagai
tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran
LAPS-Heuristic berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas
siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. (2) Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap hasil belajar matematika
ditinjau dari kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. Sampel
dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang
berjumlah 64 siswa yaitu 32 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas Eksperimen dan 32
orang siswa kelas VIII-B sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Teknik analisis data
menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan
hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh
thitung (2,465) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,669), ternyata thitung (2,465) > ttabel
(1,669) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara model
pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari
Kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020 dengan pengaruh
sebesar 8,4%. |
en_US |