Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Silalahi, Rina Oktaria
dc.date.accessioned 2020-10-24T07:34:17Z
dc.date.available 2020-10-24T07:34:17Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6121
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian dilakukan di SMP TAMAN SISWA MEDAN, Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan posttest only control design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), di antaranya kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 72,06%, Membangun keterampilan dasar sebesar 71,32%, dan Menyimpulkan sebesar 45,22%. Sedangkan untuk kelas kontrol kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 69,44%, Membangun keterampilan dasar sebesar 68,06%, dan Menyimpulkan sebesar 32,99%. Dengan demikian pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan merumuskan/mengkomunikasikan pernyataaan ke dalam model matematika, memberikan alasan dengan memilih strategi dan prosedur penyelesaian yang tepat, serta menyimpulkan dari hasil penyelidikan dan analisis masalah. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematissiswa. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account