dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah
pendekatan open-ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika
pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2019/2020. Sebagai tujuan
dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan open-ended
efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal yang berjumlah 60 orang yaitu
30 siswa VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas VIII-4 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yaitu tes
awal (pre-test) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesisi. Dan hasil
penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh
harga thitung (2,58) setelah dibangkan dengan ttabel (2,00), ternyata harga thitung
(2,58) > ttabel (2,00) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti
pendekatan Open-Ended efektif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2019/2020. |
en_US |