dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah
model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi
belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020? (2) baagaimana peningkatan motivasi belajar matematika
melalui penggunaan model pembelajarn kooperatif tipe Take And Give pada siswa
kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020?. Dan
sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah model
pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran
2019/2020. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar
matematika melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take And
Give pada siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran
2019/2020. Sabjek dalam penelitian ini siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia
Medan yang berjumlah 23 orang, denan jumlah siswa 11 orang dan jumlah siswi
12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Observasi dan Tes. Dari
hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dilihat peningkatan motivasi
belajar matematika siswa pada pokok bahasan Himpunan dengan data hasil tes
pada tahap awal 34,78% dan pada siklus I meningkat menjadi 47, 82% dan pada
siklus II menjadi 65,21% dan pada siklus III menjadi 86,95% . Atau dapat ditinjau
dari tingkat ketuntasan motivasi yang berupa hasil tes tahap awal diperoleh 15
peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I menjadi 12
peserta didik, dan pada siklus II menjadi 8 peserta didik, dan pada siklus III
menjadi 3 peserta didik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi
belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP bina Satria Mulia Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020. |
en_US |