dc.description.abstract |
Rotating Trio Exchange(RTE) adalah salah satu model pembelajaran cooperative
learning yang menerapkan pembelajaran secara berkelompok dimana setiap
kelompok terdiri atas tiga orang siswa yang akan di putar searah dan berlawanan
dengan jarum jam sehingga akan membentuk kelompok dan anggota kelompok
yang baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh
model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan Berapa persen pengaruh
model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Linear Dua
Variabel di kelas VIII MTs Negeri Batu Bara tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Rotating Trio Exchange (RTE) dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh
model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE)terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Linear Dua
Variabel di kelas VIII MTs Negeri Batu Bara tahun pelajaran 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Negeri Batu Bara.
Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terpilih menjadi
kelas eksperimen adalah kelas VIII-5 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol
adalah kelas VIII-6 yang berjumlah 30 siswa.Dari hasil penelitian dengan
menggunakan uji hipotesis yaitu uji t diperoleh hargathitung = ,8 6347 dan ttabel =
1,6723 dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = 58 dengan kriteria pengujian Ho
jika thitung> ttabel, untuk harga t lainnya Ho diterima. Ini berarti bahwa Ho ditolakdan
Ha diterima karena ,8 6347 > 1,6723 jadi, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange
(RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII
MTs Negeri Batu Bara dan terdapat 87,648% dipengaruhi oleh model
pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan sebesar 12,352% di pengaruhi
oleh faktor lain. |
en_US |