Research Repository

Pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Batu Bara T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Elmita, Putri
dc.date.accessioned 2020-10-24T04:02:56Z
dc.date.available 2020-10-24T04:02:56Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6048
dc.description.abstract Rotating Trio Exchange(RTE) adalah salah satu model pembelajaran cooperative learning yang menerapkan pembelajaran secara berkelompok dimana setiap kelompok terdiri atas tiga orang siswa yang akan di putar searah dan berlawanan dengan jarum jam sehingga akan membentuk kelompok dan anggota kelompok yang baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan Berapa persen pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Negeri Batu Bara tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE)terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Negeri Batu Bara tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Negeri Batu Bara. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII-5 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII-6 yang berjumlah 30 siswa.Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t diperoleh hargathitung = ,8 6347 dan ttabel = 1,6723 dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = 58 dengan kriteria pengujian Ho jika thitung> ttabel, untuk harga t lainnya Ho diterima. Ini berarti bahwa Ho ditolakdan Ha diterima karena ,8 6347 > 1,6723 jadi, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII MTs Negeri Batu Bara dan terdapat 87,648% dipengaruhi oleh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan sebesar 12,352% di pengaruhi oleh faktor lain. en_US
dc.subject Rotating Trio Exchange (RTE) en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah matematika en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Batu Bara T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account