Research Repository

Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019

Show simple item record

dc.contributor.author Salsabila, Jauza
dc.date.accessioned 2020-10-24T03:54:00Z
dc.date.available 2020-10-24T03:54:00Z
dc.date.issued 2019-10-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6043
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (sppkb) terhadap kemampuan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kemampuan yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis proposal kegiatan sebelum dan sesudah diajarkan dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (sppkb). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Deli Serdang yang berlokasi di Jalan Kolam No. 3., Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Sampel yang diambil adalah kelas XI AV I SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrumen Penelitian merupakan alat bantu yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Untuk memperoleh data dalam penelitian, digunakan alat pengumpul data yang disebut instrumen berupa tes tulis yakni untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis proposal kegiatan. Berdasarkan hasil pretes diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 50 dan nilai rata-rata 67,93. berdasarkan hasil postes diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 60 dan nilai rata-rata 77,67. Kemudian diperoleh nilai koefisien korelasi antara pretes dan postes sebesar 0,724. Korelasi ini masuk dalam kategori hubungan yang “kuat”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efektivitas strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan menulis proposal kegiatan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pemebalajaran”. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Peningkatan en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Berpikir en_US
dc.subject Menulis Proposal en_US
dc.title Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account