dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi
pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (sppkb) terhadap kemampuan menulis
proposal kegiatan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kemampuan yang
dimaksud di dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis proposal
kegiatan sebelum dan sesudah diajarkan dengan strategi pembelajaran peningkatan
kemampuan berpikir (sppkb). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei
Tuan Deli Serdang yang berlokasi di Jalan Kolam No. 3., Kenangan Baru, Kec. Percut
Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK
Negeri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Sampel yang diambil adalah
kelas XI AV I SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Instrumen Penelitian merupakan alat bantu yang digunakan untuk menjaring data
penelitian. Untuk memperoleh data dalam penelitian, digunakan alat pengumpul data
yang disebut instrumen berupa tes tulis yakni untuk mengukur kemampuan siswa dalam
menulis proposal kegiatan.
Berdasarkan hasil pretes diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 50 dan nilai
rata-rata 67,93. berdasarkan hasil postes diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 60 dan
nilai rata-rata 77,67. Kemudian diperoleh nilai koefisien korelasi antara pretes dan postes
sebesar 0,724. Korelasi ini masuk dalam kategori hubungan yang “kuat”. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efektivitas strategi pembelajaran
peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan menulis proposal
kegiatan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pemebalajaran”. |
en_US |