dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa pada materi Operasi Aljabar melalui model
pembelajaran problem based learning di kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18
Medan”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
Penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18 Medan yang
berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil tes siklus I
ketuntasan klasikal sebesar 71,42% meningkat menjadi 90,47% pada siklus II.
Pada Siklus I aspek pemecahan masalah tertinggi diperoleh pada aspek
memahami masalah dengan persentase 84,12% berkategori tinggi sedangkan
aspek pemecahan masalah terendah diperoleh pada aspek memeriksa kembali
dengan persentase 64,28% berkategori rendah. Pada siklus II aspek pemecahan
masalah tertinggi diperoleh pada aspek memahami masalah dengan persentase
88,89% berkategori tinggi, sedangkan aspek pemecahan masalah terendah
diperoleh pada aspek memeriksa kembali dengan persentase 73,02% berkategori
sedang. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran untuk siklus I berada pada
kategori baik dan pada siklus II aktivitas siswa selama proses pembelajaran
meningkat pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi
Operasi Aljabar di kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18 Medan Tahun ajaran
2019/2020 sehingga pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan
salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah matematika. |
en_US |