dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model pembelajaran Pair
Checks (PC) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika
pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah model pembelajran Pair Checks (PC) efektif
dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siawa SMP
Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi dan tes (pretest dan posttest yang berbentuk uraian). Berdasarkan hasil
observasi, bahwa rata-rata yang diperoleh mencapai 89% > 79%. Dari pengujian
hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan
(dk) = 58, diperoleh nilai thitung = 3,397 dengan nilai ttabel = 2,002. Berdasarkan uji
peningkatan (N-Gain) bahwa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar
0,6 dan pada kelas kontrol sebesar 0,2. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Pair Checks (PC) efektif dalam meningkatkan pemahaman
konsep belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Istislal Deli Tua T.P
2019/2020. |
en_US |