Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membuat Rangkuman Alur Buku Fiksi Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Adani, Nadhilah
dc.date.accessioned 2020-10-24T02:48:13Z
dc.date.available 2020-10-24T02:48:13Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6001
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan, mengetahui kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan dan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan yang berjumlah 74 orang siswa. Sedangkan sampel diambil secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu 36 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan 38 orang siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan kerangka teoretis dan kerangka konseptual dapat dirumuskan bahwa dalam penelitian adalah “Ada pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi”. Pelaksanaan penelitian yang dilakukan untuk melihat ada pengaruh sebagai hasill akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen deksripstif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah esai yaitu tes kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi. Setelah menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eskperimen diperoleh hasil skor tertinggi sebanyak 33 orang dengan nilai 80-100 dan skor terendah 3 orang dengan nilai 70 dan rata-rata kelas 82,08. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 10 orang dengan nilai 70-79 dan skor rendah 5 orang dengan nilai 50-59, skor terendah 2 orang dengan nilai 40-49 dan rata-rata 63,02. Dari perolehan di atas, diperoleh thitung > ttabel (14,01 > 1,666). Dengan demikian Ha diterima maka dengan kata lain adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan membuat rangkuman alur buku fiksi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019-2020. en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Rangkuman Alur Buku Fiksi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membuat Rangkuman Alur Buku Fiksi Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account