dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan di jalan Lintas Sumatera Utara, guna untuk mengetahui
bagaimana campur kode dan alih kode bahasa guru SD Negeri 118180 Sidonok di
lingkungan sekolah.Metodepenelitian yang dilakukan dalampenelitian ini adalah
metodedeskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat 55 percakapan yang terdiri
atas guru A sebanyak 24 percakapan, guru B sebanyak 24 percakapan, guru C
sebanyak 7 percakapan. Sedangkan campur kode dan alih kode guru A memiliki 13
campur kode dan 1 alih kode, guru B memiliki 13 campur kode dan 3 alih kode, dan
guru C memiliki 1 campur kode dan 5 alih kode. Sumber data yang digunakan pada
penelitian ini adalah Guru SD Negeri 118180 Sidonok. Pada penelitian ini terdapat 5
jenis teknik analisis data yaitu membuat daftar pertanyaan yang akan dipertanyakan,
membaca ulang daftar pertanyaan yang telah dibuat, mendeskripsikan data tulisan,
menganalisis bentuk Alih kode dan Campur Kode. Berdasarkan hasil analisis data,
diperoleh temuan jenis campur kode dan alih kode yang dgunakan sesama guru di
SD Negeri 118180 Sidonok.Tuturan dalam percakapan formal ini berkonteks bahasa
campur kode (bahasa Mandailing ke bahasa Indonesia) dan alih kode (bahasa
Mandailing beralih ke bahasa Indonesia).Dapat dilihat dari kata yang di cetak tebal
pada percakapan.Sistematika analisis yang dilakukan berdasarkan percakapan guru
sebanyak 55 percakapan. Untuk lebih mudah menganalisis data, saya membagi
sebanyak 10 percakapan dalam 1 kali ulasan dan pada ulasan ke 6 saya mengambil
15 percakapan.Untuknya adalah agar memudahkan saya dalam membahas analisis
data percakapan berdasarkan ragam bahasa. |
en_US |