dc.description.abstract |
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran Paired Storytelling terhadap kemampuan menulis pengalaman oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah. Jumlah populasi dalam ini adalah 73 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X1 38 siswa dan kelas X2 35 siswa. Kelas X1 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model paired storytelling sedangkan kelas X2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model paired storytelling. Model penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes esai dengan posttes-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pengalaman yang mengesankan menggunakan model pembelajaran paired storytelling memperoleh nilai rata-rata 78,38 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menulis penalaman yang mengesankan tanpa menggunakan model pembelajaran paired storytelling memperoleh nilai rata-rata 60,54 termasuk dalam kategori cukup.Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh thitung> ttabel atau 2,65>1,66 sehingga alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran paired storytelling terhadap kemampuan menulis pengalaman oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2018-2019 |
en_US |