dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pendidikan
karakter pada mata pelajaran Bahasa dan Aksara Simalungun di SMP N 1 Raya
Kahean Kab. Simalungun tahun pembelajaran 2019/2020 meliputi, pelaksanaan
pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Bahasa dan Aksara
Simalungun di SMP N 1 Raya Kahean Kab. Simalungun. (2). Apakah melalui mata
pelajaran Bahasa dan Aksara Simalungun dapat membentuk karakter peserta didik?.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi : observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisi yang
digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kajian
ini menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan perencanaan pendidikan karakter pada
mata pelajaran Bahasa dan Aksara Simalungun kelas IX di SMP N 1 Raya
Kahean masih mengikuti pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
yang nilai-nilai karakternya diintegrasikan di dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). Perencanaan ini digunakan guru sebagai panduan dalam
melaksanakan pembelajaran serta menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai
dengan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter
pada mata pelajaran Bahasa dan Aksara Simalungun kelas IX SMP N 1 Raya
Kahean sudah cukup baik. Dalam setiap kegiatan pembelajaran terlihat bahwa
guru selalu berusaha menanamkan nilai-nilai karakter yang positif dalam setiap
kegiatan yang ada. (2) Melalui mata pelajaran Bahasa dan Aksara Simalungun
dapat membentuk karakter peserta didikhal itu terlihat dari materi yang
disampaikan oleh guru melalui buku mata pelajaran Bahasa dan Aksara
Simalungun, juga sikap dan tingkah laku peserta didik sehari-hari bagaimana
mereka bisa akrab meskipun memiliki perbedaan satu sama lain. |
en_US |