dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi di SMP Muhammadiyah 48 Medan kualitas hasil
belajar PKn kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa masih di bawah KKM,
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn, melalui model pembelajaran koopreratif tipe group
investigation. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan
kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap
meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan
instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam
proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitias hasil belajar siswa
digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat
ketuntasan evaluasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
group investigation dari 21,87% pada siklus I meningkatkan menjadi 65,63%
kemudian pada siklus II peningkatan yang sangat memuaskan menjadi 87,50%. |
en_US |