Research Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 09 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Nainggolan, Ananda Pertiwi
dc.date.accessioned 2020-10-22T07:39:46Z
dc.date.available 2020-10-22T07:39:46Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5595
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul penerapan metode pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan civic skills siswa di SMK Muhamamdiyah 09 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan civic skills siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 09 Medan dan Untuk mengetahui penerapan metode inquiry training dapat meningkatkan civic skills siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru mata pelajaran PKn disekolah dan objek penelitian yaitu siswa kelas XI TBSM-2 yang berjumlah 25 siswa yang mayoritas laki-laki.Jenis penelitian yang dilakukan yaitu PTK (Penelitian tindakan kelas) atau penelitian kualitatif dan peneliti menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.sebelum peneliti mengangkat judul ini , peneliti terlebih dahulu sudah wawancara kepada guru-guru disekolah dan guru bidang studi PKn maka dari itu alasan peneliti mengambil objek penelitian di kelas XI-TBSM 2 karena peneliti mengobservasi juga bahwa dikelas tersebut salah satu kelas yang sangat aktif dan sangat terkenal dimata guru-guru disekolah tersebut apalagi pada saat proses pembelajaran berlangsung. terutama pada mata pelajaran pancasila dan Kewarganegaraan. peneliti mengumpulkan data untuk mengetahui keaktifan dan skills dari siswa dengan cara menggunakan lembar observasi siswa sesuai dengan siklus I dan siklus II.dan hasil pada lembar observasi siswa siklus I keaktifan dan skills siswa masih kurang dengan nilai 71,87% dan lembar observasi pada siklus II 82,81% siswa meningkat. Jadi hasil dari penelitian ini yaitu keaktifan dan skills dari seluruh siswa kelas XI TBSM-2 di SMK Muhammadiyah 09 Medan sangkat meningkat dengan nilai 82,81% dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry training en_US
dc.subject penerapan en_US
dc.subject metode en_US
dc.subject inquiry training en_US
dc.subject civic skills en_US
dc.subject siswa en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 09 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account