dc.contributor.author |
Nainggolan, Ananda Pertiwi |
|
dc.date.accessioned |
2020-10-22T07:39:46Z |
|
dc.date.available |
2020-10-22T07:39:46Z |
|
dc.date.issued |
2019-09 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5595 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul penerapan metode pembelajaran inquiry training untuk
meningkatkan civic skills siswa di SMK Muhamamdiyah 09 Medan tahun
pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan civic
skills siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 09 Medan dan Untuk mengetahui
penerapan metode inquiry training dapat meningkatkan civic skills siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru mata
pelajaran PKn disekolah dan objek penelitian yaitu siswa kelas XI TBSM-2 yang
berjumlah 25 siswa yang mayoritas laki-laki.Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
PTK (Penelitian tindakan kelas) atau penelitian kualitatif dan peneliti
menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.sebelum peneliti mengangkat
judul ini , peneliti terlebih dahulu sudah wawancara kepada guru-guru disekolah
dan guru bidang studi PKn maka dari itu alasan peneliti mengambil objek
penelitian di kelas XI-TBSM 2 karena peneliti mengobservasi juga bahwa dikelas
tersebut salah satu kelas yang sangat aktif dan sangat terkenal dimata guru-guru
disekolah tersebut apalagi pada saat proses pembelajaran berlangsung. terutama
pada mata pelajaran pancasila dan Kewarganegaraan.
peneliti mengumpulkan data untuk mengetahui keaktifan dan skills dari siswa
dengan cara menggunakan lembar observasi siswa sesuai dengan siklus I dan
siklus II.dan hasil pada lembar observasi siswa siklus I keaktifan dan skills siswa
masih kurang dengan nilai 71,87% dan lembar observasi pada siklus II 82,81%
siswa meningkat.
Jadi hasil dari penelitian ini yaitu keaktifan dan skills dari seluruh siswa kelas XI
TBSM-2 di SMK Muhammadiyah 09 Medan sangkat meningkat dengan nilai
82,81% dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry training |
en_US |
dc.subject |
penerapan |
en_US |
dc.subject |
metode |
en_US |
dc.subject |
inquiry training |
en_US |
dc.subject |
civic skills |
en_US |
dc.subject |
siswa |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 09 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |