dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih lemahnya perlindungan hukum dalam jual beli online pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hak-hak konsumen diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 1999. Penelitian ini dilaksanakan di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan subjek adalah peneliti sendiri dan objeknya adalah dukumen-dokumen dan buku-buku yang terkait tentang hukum perlindungan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,dan verifikasi.Berdasarkan hasil observasi dan analisis data yang diperoleh bahwa undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen secara tertulis telah memadai, namun dalam implementasinya yang semula undang-undang ini diharapkan dapat menjadi alat bagi konsumen pencari keadilan untuk memperoleh hak-haknya, ternyata tidak sesuai dengan maksud dan tujuan dibentuknya UPPK ini. Penyelesaian sengketa konsumen secara cepat, sederhana, dengan biaya yang murah sebagaimana diharapkan semula masih jauh dari kenyataan.Sehingga perlu adanya upaya peningkatan profesionalisme anggota BPSK dan juga perlu dilakukan sosialisasi hukum perlindungan konsumen baik kepada masyarakat luas |
en_US |