dc.description.abstract |
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab
sosial yang indikatornya spesifik pada prinsip-prinsip Islam. Dalam penelitian ini,
penilaian tingkat ISR dilakukan pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta
Islamic Index (JII). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris
mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Islamic Social Reporting
(ISR). Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini antara lain profitabilitas,
ukuran perusahaan, tipe industri dan umur perusahaan. Pengungkapan Islamic
Social Reporting (ISR) didasarkan pada kategori indeks ISR yang dapat dilihat
dari laporan tahunan perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Populasi penelitian adalah
perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode tahun 2013-2015 yang
berjumlah 18 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan
tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs web perusahaan. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji asumsi klasik dan uji
hipotesis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan
umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap ISR, sedangkan tipe industri
berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. |
en_US |