dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis puisi
menggunakan metode Quantum Teaching dengan media gambar, (2) Untuk
mengetahui kemampuan menulis puisi menggunakan metode Konvensional dan
(3) Untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Teaching dengan media gambar
dalam kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal yang berjumlah 123 orang.
Sampel pada penelitian ini adalah kelas kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan
VIII fullday1 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dan bentuk desain Posttest Only Control Design.
Instrumen penelitian ini adalah tes esai. Hasil analisis data pada kelas kontrol
menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata – rata siswa adalah 64,96
dengan prosentase keberhasilan 70% atau sebanyak 20 siswa pada rentang nilai
50–71 dikategorikan rendah dan mendapat nilai dibawah KKM yaitu 75. Hasil
analisis data pada kelas eksperimen setelah diterapkan metode Quantum Teaching
dengan media gambar maka nilai rata-rata siswa adalah 82,3 dengan prosentase
keberhasilan 90% atau sebanyak 25 siswa pada rentang nilai 75–92 dikategorikan
tinggi dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 75. Berdasarkan hasil perhitungan
uji hipotesis diperoleh, rata-rata siswa yang menggunakan Metode Quantum
Teaching dengan Media Gambar sebesar 82,3 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata
siswa yang menggunakan Metode Konvensional sebesar 64,96. Dengan kata lain
dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh metode Quantum Teaching dengan
media gambar terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP
tahun Muhammadiyah 47 Sunggal Pembelajaran 2019/2020. |
en_US |