Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Budi Agung Tp. 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Sofia Arainti
dc.date.accessioned 2020-09-14T02:40:01Z
dc.date.available 2020-09-14T02:40:01Z
dc.date.issued 2020-09-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5246
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Inside Outide Circle efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inside-Outide Circle efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung TP.2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Budi Agung TP 2020/2021. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII 3 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 4 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inside Outide Circle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5 soal yang digunakan untuk soal pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 43,8. Dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 44,2. Sedangkan nilai rata-rata Post-test kelas kontrol adalah 56. Dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen adalah 80,8. ketuntasan hasil belajar matematika yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas eksperimen berjumlah 23 dan yang tidak tuntas bejumlah 2 orang. Sedangkan nilai matematika siswa yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas kontrol berjumlah 2 orang dan yang tidak tuntas bejumlah 23 orang. Pada pengujian hipotesis nilai post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh sehingga HO ditolak. Pada uji N Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan uji N Gain pada kelas kontrol. Nilai Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,2 dengan kategori rendah. Nilai Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,2 dengan kategori rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inside-outside circle lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inside-outside circle efektif dalam menigkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Budi Agung TP. 2020/2021 en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inside Outside Circle en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Budi Agung Tp. 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account