dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Inside
Outide Circle efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP
Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah model pembelajaran Inside-Outide Circle efektif terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung TP.2020/2021.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Budi Agung TP
2020/2021. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas,
yaitu kelas VIII 3 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 4
yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol
menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran Inside Outide Circle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5 soal yang
digunakan untuk soal pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian yang dilakukan
diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 43,8. Dan nilai rata-rata pretest
kelas
eksperimen
adalah
44,2.
Sedangkan
nilai
rata-rata
Post-test
kelas
kontrol
adalah
56.
Dan
nilai
rata-rata
Post-test
kelas
eksperimen
adalah
80,8.
ketuntasan
hasil
belajar matematika yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas
eksperimen berjumlah 23 dan yang tidak tuntas bejumlah 2 orang. Sedangkan
nilai matematika siswa yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas kontrol
berjumlah 2 orang dan yang tidak tuntas bejumlah 23 orang. Pada pengujian
hipotesis nilai post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh
sehingga HO ditolak. Pada uji N Gain pada kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan uji N Gain pada kelas kontrol. Nilai Gain
pada kelas eksperimen mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol
mencapai 0,2 dengan kategori rendah. Nilai Gain pada kelas eksperimen
mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,2 dengan
kategori rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran inside-outside circle lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran inside-outside circle efektif dalam menigkatkan hasil belajar
matematika siswa SMP Budi Agung TP. 2020/2021 |
en_US |